Akhir pekan lalu saya berjalan-jalan di sebuah pusat perbelanjaan. Di salah satu “lapak” saya mengintip ke sebuah area di seberang jalan di bagian samping mall tersebut. Sepertinya sedang ada proyek gedung, dan sepertinya gedung itu mempunyai basement.

Nah, anda bisa tebak apa yang akan kita singgung di sini? Pasti lah.. dari judulnya saja sudah ketahuan. Kita akan lihat galian tipe open cut yang dilakukan oleh si pelaksana. Reaksi saya sewaktu pertama kali melihat galian tersebut adalah… “Gila!!! Seram amat!!”

Apa yang membuat saya berkata demikian? Ada beberapa alasan:

  1. Kemiringan galian tersebut sangat terjal, dan bisa dibilang hampir tegak lurus (90 derajat)
  2. Persisi di sebelah galian tersebut, ada bangunan. Bukan bangunan biasa, soalnya di lantai atap bangunan tetangga itu ada lahan parkir! Jadi, bisa dibayangkan berapa besar beban yang dipikul oleh pondasi si bangunan tetangga. Ngga peduli mau pake tiang pancang atau pondasi dangkal, yang jelas adanya galian itu bisa  mempengaruhi pondasi bangunan di sebelahnya.
  3. Saya ngga tau jenis tanah di situ seperti apa, tapi yang jelas sudah beberapa hari di daerah itu hampir tiap hari diguyur hujan. Makanya jika kita perhatikan ada bagian-bagian galian yang agak “longsor”. Saya perkirakan itu dipicu oleh air hujan.

Apapun kondisinya saya cuma bisa berharap tidak akan terjadi apa-apa dengan galian tersebut. Mudah-mudahan perencana dan pelaksananya sudah memperhitungkan semuanya sehingga mereka berani mengambil keputusan untuk membuat galian terjal tanpa “pengaman” sedikit pun.

Sebenarnya banyak informasi yang bisa kita selidiki di sini… misalnya lapisan-lapisan tanahnya. Saya bukan ahli geoteknik, jadi saya kurang ngerti mengenai lapisan-lapisan tanah. Saya juga ngga mau menduga-duga, lebih baik diam daripada sok tau.. 😀

Mungkin ada dari para pembaca di sini yang sudah banyak makan asam garam mengenai jenis-jenis tanah, hanya dengan melihat bisa menebak kira-kira jenis tanah apa yang ada di foto tersebut. 🙂 Monggo…

Semoga bermanfaat[]

admin

View Comments

  • Jenis tanah Kohesif.

    Jenis tanah seperti ini akan memberikan gaya tarik negatif yang arahnya menjauhi galian, oleh sebab itu walaupun merupalan galian tegak, tanah cenderung tidak runtuh.

    Namun secara teknis pelaksanaan, galian harus tetap diberikan proteksi dari pengaruh hujan/cuaca, sebaiknya tidak boleh terlalu lama dibiarkan terekspose/terbuka seperti itu.

    Regards,

    DBT

  • Bila dilihat dari bangunan sebelah insyaAllah tidak terjadi keruntuhan, karna lebar bangunan cukup lebar untuk menarik dan mengikat badan bangunan bagian galian. cuman perlu mempercepat pekerjaan tanah untuk membuat pondasi dan dinding agar tanah tidak semakin terkikis akibat air hujan.dan daya dukung tanah cukup bagus.

    kasat mata.

  • Bila dilihat dari bangunan sebelah, kemungkinan tidak terjadi keruntuhan karna lebar bangunan trsbt cukup lebar dan lebih dari 1 atau 2pintu ruko kekanan untuk mengikat/menarik bagian barisan tangga dengan sloof, ringbalk dan kolom yang seluruhnya senyawa. Kondisi tanahnya Bagus.
    cuman perlu mempercepat durasi pekerjaan tanah untuk membuat pondasi dan dinding agar tanah tidak semakin tirkikis akibat hujan. trimakasih!

  • siippp gan,,, banyak2 doa aja,,,,
    mudah2han si kontrktor sudah merncanakanya dengan cukup matang klo g yaaaa.,, cmmdnya idem sama yang diatas,,
    tpi g pp,,, klo pembuatan diding cor bisa di kebut kykny g ada masalah

    kebetulan saya juga pernah ngalamin hal yang serupa....
    tpi g se extrime di gambar...

  • klau yang sy lihat, level pondasi pada bangunan sebelah masih dibawah level galian, atau mungkin sama levelnya. Jd bangunan sebelah tidak terpengaruh dengan adanya galian itu..

    tp ini sekedar pendapat ya gan :D
    Gas terus omm...

  • Sebaiknya sebelum melakukan penggalian seperti itu, terlebih dahulu memesang slope protection (misal turap) agar lebih aman.

  • ada 5 lapis tanah yang terlihat.
    dilihat dari rekahan tanah menunjukkan tanah tersebut bukanlah tanah yang cukup keras dengan kandungan silikay yang cukup tinggi.
    Ada kemungkinan pada saat terjadi getaran dari bangunan sebelahnya bisa terjadi keruntuhan.
    Safety terhadap proses pekerjaan seperti ini harus diutamakan

  • klo dilihat memang posisi galian tegak lurus sehingga memugkinkan tanah mudah runtuh, tp untuk safty factor galian diatas 1 m perlu kemiringan tanah sesuai yg disyaratkan.

  • Umumnya dunia konstruksi kita belum terlalu memperhatikan safety construction gan...maunya simple dan intan...kayak mie goreng gan

Share
Published by
admin

Recent Posts

Kuis Beton Bertulang

Kali ini kita coba iseng bikin kuis dengan tema beton bertulang. Kuis beton bertulang ini…

2 months ago

Material SAP2000 Untuk Indonesia Ternyata Udah Ada

Buat pengguna software buatan CSI (Computer & Strcuture Inc) khususnya SAP2000, kadang agak "kecewa" sewaktu…

3 months ago

Karir Di Teknik Sipil, Gimana Mulainya?

Tips Karir Agar Cepat Dapat Kerja dan Terapkan Ilmu! Halo, fresh graduates teknik sipil! 🎓…

3 months ago

Membuat Denah Struktur Dari Denah Arsitektur Menggunakan Model AI? Bisa Dong!

Membuat denah struktur dari gambar denah arsitektur menggunakan model AI bukan hal mustahil, bahkan teknologi…

3 months ago

SAP2000 versi 25.3.0, Apa Yang Baru Ya?

SAP2000 versi 25 sebenarnya sudah rilis sejak 2023 yang lalu, dan hingga saat ini sudah…

5 months ago

Calcpad – Aplikasi Spreadsheet Online Yang Ringan Untuk Engineering

Calcpad adalah salah satu aplikasi online yang berisi spreadsheet atau catatan kalkulasi engineering untuk beberapa…

5 months ago