Aplikasi Web Untuk Teknik Sipil

Aplikasi web atau web application – sesuai dengan namanya – adalah aplikasi yang berjalan di atas browser. Karena dijalankan di atas browser, maka aplikasi ini bisa dibuka di komputer (desktop atau laptop) dan juga di perangkat portable seperti tablet atau smartphone, selama gadget itu memiliki browser. Sementara aplikasi web untuk teknik sipil tentu adalah sebuah aplikasi web yang bertujuan untuk membantu pekerjaan di bidang teknik sipil.

Aplikasi web ini sudah sangat banyak ditemui, ada aplikasi marketplace, ada aplikasi banking, ada aplikasi desain grafis, dan masih banyak lagi. Tapi, untuk aplikasi engineering, memang masih sangat terbatas. Walaupun demikian, sudah ada beberapa vendor software engineering yang cukup besar yang sudah menyediakan software mereka dalam bentuk aplikasi web. Ada dua yang saya lumayan sering gunakan yaitu AutoCAD (https://web.autocad.com), dan Sketchup (https://app.sketchup.com). Dua-duanya bisa digunakan secara gratis. Walaupun sebenarnya, versi original dari kedua software tersebut sudah mulai bisa terjangkau.

Akan tetapi, aplikasi web tentu masih punya keterbatasan dibandingkan aplikasi yang berjalan sendiri di luar browser (standalone). Kedua aplikasi yang saya sebutkan sebelumnya adalah aplikasi desain yang mengandalkan kemampuan grafis. Sementara untuk aplikasi web yang berisi kemampuan analisis dan perhitungan masih sangat terbatas. Kalaupun ada, mungkin hanya digunakan sebatas internal saja, entah oleh institusi atau korporasi tertentu.

Aplikasi DESAIN SPEKTRA

Di Indonesia sendiri, ada satu aplikasi web yang sangat terkenal dan hampir digunakan oleh semua perencana struktur di Indonesia. Aplikasi itu adalah aplikasi Desain Spektra Indonesia yang dikembangkan oleh Puskim PU.

Contoh Hasil Desain Spektra Indonesia – Puskim PU

Satu-satunya kekurangan dari aplikasi ini adalah, sifatnya belum responsif, artinya masih belum bisa menyesuaikan dengan perangkat layar kecil seperti smartphone. Tentu aplikasi ini masih akan terus dikembangkan ke depannya.

Aplikasi CALCPAD

Khusus untuk analisis dan desain struktur, belum banyak yang bisa ditemukan. Salah satu yang sempat menyita perhatian kami adalah Calcpad. Calcpad sendiri adalah aplikasi opensource yang menyediakan lembaran untuk meniliskan perhitungan-perhitungan matematis. Yaaa.. semacam Mathcad tapi tidak secanggih Mathcad. Di websitenya sendiri, Calcpad menyediakan template-template perhitungan untuk beberapa kasus sederhana di bidang mekanika struktur, misalnya perhitungan beban angin, perhitungan balok, perhitungan geometri, bahkan ada finite elemen analysis-nya juga.

Calcpad Homepage

Mungkin lain kali kami bakal ngulik lebih jauh lagi tentang Calcpad ini. 🙂

Calcpad – Desktop Version
Aplikasi Dari DTSENGINEERING

DTS juga sedang bikin aplikasi ringan yang bernama DTSApp. Dengan menggunakan teknologi sederhana dari HTML, JAVASCRIPT, CSS dan sedikit bantuan PHP, kami sebenarnya dari dulu mengembangkan aplikasi tapi konsepnya terus berubah karena mencari yang paling ringan. Soalnya untuk melakukan kalkulasi, engine-nya juga harus sesuai. Kalau sejenis python, java, visual basic, C++, atau beberapa bahasa pemrograman offline lainnya, memang sangat powerful dan bisa dipakai untuk keperluan engineering, misalnya melakukan perhitungan matriks kekakuan yang besar, atau menyelesaikan persamaan numerik yang kompleks. Tapi untuk aplikasi berbasis web yang sederhana, javascript sementara ini  adalah salah satu teknologi yang cocok .

Siapa tau ada yang berminat atau senang ngulik-ngulik bahasa pemrograman, HTML + JAVASCRIPT adalah salah satu yang kami rekomendasikan untuk keperluan pembuatan aplikasi web bidang engineering. 🙂

Tampilan halaman muka DTSApp – versi desktop browser
Aplikasi DTSApp bisa digunakan secara mobile

[semoga.bermanfaat]

#sehatsuksesselalu

admin

Share
Published by
admin

Recent Posts

Kuis Beton Bertulang

Kali ini kita coba iseng bikin kuis dengan tema beton bertulang. Kuis beton bertulang ini…

2 months ago

Material SAP2000 Untuk Indonesia Ternyata Udah Ada

Buat pengguna software buatan CSI (Computer & Strcuture Inc) khususnya SAP2000, kadang agak "kecewa" sewaktu…

3 months ago

Karir Di Teknik Sipil, Gimana Mulainya?

Tips Karir Agar Cepat Dapat Kerja dan Terapkan Ilmu! Halo, fresh graduates teknik sipil! 🎓…

3 months ago

Membuat Denah Struktur Dari Denah Arsitektur Menggunakan Model AI? Bisa Dong!

Membuat denah struktur dari gambar denah arsitektur menggunakan model AI bukan hal mustahil, bahkan teknologi…

3 months ago

SAP2000 versi 25.3.0, Apa Yang Baru Ya?

SAP2000 versi 25 sebenarnya sudah rilis sejak 2023 yang lalu, dan hingga saat ini sudah…

5 months ago

Calcpad – Aplikasi Spreadsheet Online Yang Ringan Untuk Engineering

Calcpad adalah salah satu aplikasi online yang berisi spreadsheet atau catatan kalkulasi engineering untuk beberapa…

5 months ago