Geoteknik dan Pondasi

GS AFES, Software Analisis dan Desain Pondasi Yang …

Apa GS AFES itu?

GS AFES adalah salah satu software analisis dan desain pondasi yang cukup powerfull. Software ini adalah salah satu software desain pondasi yang pernah populer di dunia perencanaan konstruksi.
Di antara engineering software yang banyak beredar, yang satu ini terbilang cukup unik.

Pertama Kali Mengenal AFES

Kami pertama kali “kenalan” sama versi bajakannya software ini sekitar tahun 2007 atau 2008? Tapi waktu itu ngga boleh dipake di tempat kerjanya.

Waktu itu namanya masih AFES. Sangat bertenaga, dan termasuk software yang unik, karena sofware ini punya cara menyimpan file yang beda dengan yang lain. Tidak ada tombol “Save” di sana.
Soalnya sistem penyimpanannya menggunakan database, bukan berbentuk file seperti biasanya. Makanya kita akan kesulitan jika ingin memindahkan atau menyalin datanya untuk dibuka di komputer lain.

Karena ngga boleh dipake di tempat kerja, akhirnya software ini terpaksa tinggalkan. Beberapa tahun kemudian, founder kami iseng-iseng lagi mencoba software ini. Versi terakhirnya tentu saja. Dan ternyata waktu itu pengembangannya sudah berpindah tangan ke GS Engineering & Construction, sebuah perusahaan konstruksi dan industri yang sangat besar dari Korea Selatan.

Seperti biasa… pembajak selalu selangkah lebih maju. Karena sistemnya ngga banyak dimodifikasi oleh GS, tetap aja versi bajakannya banyak beredar.
Hingga akhirnya…. di suatu masa…. software ini dibuang begitu saja oleh pemiliknya…..

Nasib AFES Sekarang

GS AFES sekarang statusnya terlunta-lunta. Orang yang mau beli license-nya ngga tau harus ke mana. Sementara versi bajakannya terus menyebar luas. Bahkan ada yang sempat meng-klaim kalo software itu milik dia dan menarik keuntungan dari situ. Oh, Ferguso… itu lebih kejam daripada para pembajak.

Update terakhir software ini tercatat dilakukan pada tahun 2009 lalu… Artinya, selama lebih dari 10 tahun, jeroan software ini tidak pernah diobok-obok lagi. Parameter-parameter atau metode dari Code & Standard yang ada di dalamnya yang seharusnya ikut diupdate mengikuti Code & Standar terbaru, akhirnya terpaksa menjadi sebuah konstanta. Syukur-syukur karena ada beberapa variabel yang masih bisa kita update secara manual.

Jujur saja, kami juga kadang masih pakai versi bajakan software ini, karena beberapa klien “masih percaya” dengan software ini dan minta dihitungkan dengan menggunakan software ini. Padahal kami sudah jelaskan kondisinya yang sudah tidak bertuan lagi.
Bukannya tidak mau pakai versi licensnenya. Tapi memang sudah tidak ada lagi. Banyak juga perusahaan-perusahaan lain yang mencoba cari lisensinya, tapi nihil.

Hati-Hati Ada Bug!

Tapi, ada satu hal penting yang harus diperhatikan. Software ini memiliki bug yang cukup parah, bahkan vital menurut kami, yaitu ketika melakukan analisis dan desain pondasi tiang di mana konfigurasi tiangnya lebih dari 1 dan tersusun sejajar ke satu arah sumbu saja, entah arah X saja atau Y saja. Jadi susunan pondasi tiangnya hanya 1 baris. Sebagai informasi, sewaktu mengecek daya dukung pondasi tiang, AFES hanya mengasumsikan kepala tiang (pile head) dalam kondisi pinned.

Jadi, ngga ada momen yang diterima oleh pondasi tiang. Nah, untuk konfigurasi tiang yang hanya satu baris saja, AFES akan mengabaikan momen ke arah tegak lurus barisan tiang. Artinya, karena hanya ditahan oleh satu baris saja, ngga ada lengan momen, secara teori kondisinya harusnya ngga stabil, karena kepala tiangnya pinned. Tapi, kondisi ini diabaikan oleh AFES. AFES memilih untuk melewatkan (skip) bagian ini, tanpa ada warning atau informasi sedikit pun. Di laporan pun ditulis OK semua. User akan anggap pondasi ini aman. Padahal belum tentu, karena memang belum semuanya dicek oleh AFES.

Kira-kira seperti itu.

[semoga.bermanfaat]

admin

Share
Published by
admin

Recent Posts

Kuis Beton Bertulang

Kali ini kita coba iseng bikin kuis dengan tema beton bertulang. Kuis beton bertulang ini…

2 months ago

Material SAP2000 Untuk Indonesia Ternyata Udah Ada

Buat pengguna software buatan CSI (Computer & Strcuture Inc) khususnya SAP2000, kadang agak "kecewa" sewaktu…

3 months ago

Karir Di Teknik Sipil, Gimana Mulainya?

Tips Karir Agar Cepat Dapat Kerja dan Terapkan Ilmu! Halo, fresh graduates teknik sipil! 🎓…

3 months ago

Membuat Denah Struktur Dari Denah Arsitektur Menggunakan Model AI? Bisa Dong!

Membuat denah struktur dari gambar denah arsitektur menggunakan model AI bukan hal mustahil, bahkan teknologi…

3 months ago

SAP2000 versi 25.3.0, Apa Yang Baru Ya?

SAP2000 versi 25 sebenarnya sudah rilis sejak 2023 yang lalu, dan hingga saat ini sudah…

5 months ago

Calcpad – Aplikasi Spreadsheet Online Yang Ringan Untuk Engineering

Calcpad adalah salah satu aplikasi online yang berisi spreadsheet atau catatan kalkulasi engineering untuk beberapa…

5 months ago