Skip to content

SAP2000 versi 25.3.0, Apa Yang Baru Ya?

Post date:
Author:
Number of comments: 1 comment
SAP2000 v25.3.0

SAP2000 versi 25 sebenarnya sudah rilis sejak 2023 yang lalu, dan hingga saat ini sudah mengalami 3 kali pembaruan. Terakhir pada awal Juni 2024 kemarin, SAP2000 mengumumkan keluarnya versi 25.3.0 ini. Apa yang istimewa di versi terakhir ini?

SAP2000 versi 25.0.0

Sebelum ke versi 25.3.0, kita coba simak sekilas apa saja perubahan mayor dari verisi 24 ke versi 25.

User Interface

Perubahan yang paling terlihat adalah user interface yang sekarang sudah ada “Model Explorer”nya. Sebenarnya Model Explorer ini sudah jauh diperkenalkan oleh ETABS sih, tapi baru kali ini diterapkan di SAP2000. Model Explorer sangat membantu untuk proses review dan navigasi. Beberapa perintah pun bisa langsung dilakukan di Model Explorer, misalnya kalau ingin menambah Section, bisa dengan navigasi dulu ke Model->Properties->Frame Section, klik kanan di sana dan pilih “Add New Frame Section”

SAP2000 versi 25 - add new fram section

Pembebanan

Ada update standar pembebanan untuk auto-wind load, auto-seismic load, dan fungsi respon spektra, sekarang sudah ditambahkan 3 standar baru, yaitu: ASCE 7-22 (standar Amerika Serikat), NBCC 2020 (standar Kanada).

Karena sebagian proyek di Indonesia banyak merujuk kepada standar ASCE 7, update ini tentu bisa dimanfaatkan.

Selain itu, ada juga tambahan analisis terhadap beban vibrasi pejalan kaki. Analisis ini biasanya dilakukan terhadap kemampu-layanan (serviceability) struktur baja.

Desain Struktur Baja

Kali ini sudah ada desain struktur baja berdasarkan standar Australia AS 4100-2020. Standar ini juga cukup populer di beberapa proyek konstruksi baja yang dilakukan di Indonesia.

Selain itu ada juga standar API 4F 5th Ed. 2020, dan AISC 360-2020 atau AISC 341-22. Dua standar terakhir ini juga termasuk rujukan utama dari standar SNI perencanaan struktur baja.

Update Lain

Update lain termasuk major tapi tidak terlalu signifikan, misalnya tambahan material library dari standar Tiongkok (Chinese material library), ada tambahan tabel database, dan beberapa perbaikan pada bug.

SAP 2000 versi 25.3.0

Untuk pembaruan versi 25.3.0, ada 2 yang menurut kami cukup penting:

Tambahan Tabel Database Untuk Defleksi Struktur Baja

tabel steel design deflection check
tabel deflection check SAP2000 v25.3.0

Tabel ini belum pernah ada pada versi-versi sebelumnya.

Impor Model Dari DXF, Khusus Objek Polyface Mesh

SAP2000 sejak dulu sudah bisa impor model dari file DXF. DXF sendiri adalah file data yang berisi informasi tentang sebuah file CAD baik itu 2D maupun 3D untuk dibagikan kepada platform lain. Salah satu obyek yang ada di file DXF ada yang namanya Polyface Mesh. Obyek Polyface Mesh ini dibuat dari obyek Polyline di AutoCAD. Dulu, obyek ini masih diabaikan oleh SAP2000, tapi sekarang SAP2000 sudah bisa mengimpor obyek tersebut.

dxf file imported to SAP2000 versi 25 model

Hal-Hal Yang Diperhatikan Untuk Pengecekan Defleksi Struktur Baja

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan pengecekan defleksi struktur baja.

Steel Frame Design Preferences

steel frame design preferences

Pastikan item “Consider Deflection” diatur ke “Yes”. Batas-batas lendutan bisa disesuaikan dengan spesifikasi yang digunakan. Sebagai catatan, pengecekan lendutan ini hanya untuk beban mati dan beban hidup saja, termasuk kombinasi keduanya.

Kombinasi Pembebanan Yang Sesuai

load combination

Jangan lupa memilih kombinasi pembebanan yang sesuai untuk Deflection.

Kita dapat melihat outputnya dengan 2 cara:

  • Klik kanan pada hasil design yang sudah dilakukan, dan pilih bagian Deflection di pojok kiri bawah.
sap2000 versi 25 - steel stress design check

Sampai jumpa di update SAP2000 berikutnya.

Oh iya… kalau ada yang berminat pinjam lisensi SAP2000 untuk jangka waktu yang singkat (harian atau mingguan), boleh hubungi admin ya (admin@dtsengineering.co.id) 🙂

-semoga bermanfaat-

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *