Skip to content

Material SAP2000 Untuk Indonesia Ternyata Udah Ada

Post date:
Author:
Number of comments: no comments
SAP2000 library

Buat pengguna software buatan CSI (Computer & Strcuture Inc) khususnya SAP2000, kadang agak “kecewa” sewaktu mau buat material, tapi di default material SAP2000 ngga ada material standar Indonesia. Vietnam aja ada lho. Apakah ini berarti CSI lebih peduli sama Vietnam? 😀

Walaupun demikian, ternyata ada juga yang berhasil menyediakan material default untuk Indonesia. Admin sendiri udah nyobain dan… not bad.

Cara Pakai Librari Material SAP2000

File librarinya itu ternyata dalam format XML. Nah, setelah dibeli dan didownload, tinggal copy-paste filenya ke folder tempat librari materialnya SAP2000. Biasanya ada di C:\Program Files\Computers and Structures\SAP2000 XX\Property Libraries\

xx = versi SAP2000 nya ya. Misalnya SAP2000 v24, maka XX = 24

Setelah dicopas di sana, langsung coba jalankan SAP2000-nya. Biasanya muncul tampilan New Model seperti di bawah ini. Coba cek di bagian Default Materials, harusnya ada Indonesia di situ.

material SAP2000

Setelah itu, biasanya sudah ada dua material default, masing-masing untuk beton dan baja. Untuk beton, material defaultnya adalah fc25, dan untuk baja material defaultnya adalah SS400. Sebenarnya material SS400 ini bukan dari standar Indonesia ya, tapi itu dari standar Jepang (JIS). Mungkin karena pertimbangan pembuatnya yang melihat material SS400 cukup banyak digunakan di Indonesia, jadi SS400 lah yang dijadikan default untuk baja.

material SAP2000

Tapi, tenang aja, karena material dari standar Indonesia alias SNI untuk baja juga sudah disediakan. Misalnya BJ34, BJ37, dan seterusnya. Tinggal Add New Material aja, dan pilih sesuai kebutuhan.

material SAP2000

Di Mana Mendapatkan Librari SAP2000?

Nah, ini bagian pentingnya. Ternyata file default material library ini ngga dibagikan secara gratis. 😔

Coba cek di website LYNK, ada salah satu produk yang namanya SAP2000 Material Library – Indonesia.

Pada saat tulisan ini dibuat, kebetulan lagi ada potongan harga. Ngga mahal-mahal amat ternyata. Masih oke lah sepertinya. Ngga ada ruginya dicoba, sangat membantu buat yang sering bekerja dengan SAP2000.

Bagaimana untuk ETABS? Belum nyoba sih, tapi harusnya bisa kali ya? Kan struktur library-nya memang serupa. Kalo ada yang berhasil coba buat ETABS, boleh diinfokan ya. 🙂 Kebetulan admin ngga punya ETABS.

Edifisia, SAP2000

[semoga.bermanfaat]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *