Skip to content

Calcpad – Aplikasi Spreadsheet Online Yang Ringan Untuk Engineering

Post date:
Author:
Number of comments: no comments
calcpad homepage

Calcpad adalah salah satu aplikasi online yang berisi spreadsheet atau catatan kalkulasi engineering untuk beberapa kasus-kasus yang ringan dan sederhana.

Calcpad sebenarnya adalah sebuah platform yang mirip Mathcad, Matlab, maupun yang sejenis itu, yang gunanya adalah membuat sebuah alur perhitungan matematis tertentu. Fiturnya sebenarnya sederhana tapi sudah cukup mumpuni untuk menyelesaikan beberapa perhitungan-perhitungan dasar.

Contohnya, di online librarynya sendiri, Calcpad ini menyediakan cukup banyak template perhitungan yang bisa dimanfaatkan, misalnya ada template pehitungan untuk membuat grafik atau diagram PM untuk suatu penampang (biasanya kolom).

contoh templat perhitungan diagram PM

Menu Calcpad

Calcpad Libary

Fitur pertama yang disajikan di Calcpad versi online adalah Library yang berisi template perhitungan yang sudah dikelompokkan ke kategori tertentu, yaitu:

  1. Matematika
    • Perhitungan Luas
    • Perhitungan Volume
    • Kurva Parametrik
  2. Mekanika Teknik
    • Balok
    • Teori Elastis
    • Properti Penampang Geometri
  3. Rekayasa Struktur
    • Pembebanan
    • Struktur Beton

Cukup lengkap kan ya?

contoh template spreadsheet perhitungan beban angin

Tapi sayangnya, untuk template yang ada di Library ini, semuanya mengacu ke standar Eurocode.

Online IDE

IDE di sini adalah singkatan dari Integrated Development Environment, kalo di dalam bahasa Indonesia sih disebut Lingkungan Pengembangan Terpadu, tapi biasanya para pengembang aplikasi lebih familiar dengan istilah IDE.

IDE ini adalah semacam tempat membuat spreadsheet yang menggunakan semacam script atau bahasa pemrograman atau code tertentu.

Kapan-kapan kita bahas khusus tentang IDE ini yak. Kalo perlu bikin tutorial khusus.

Online Calculator

Sesuai dengan namanya, Online Calculator ini sama dengan kebanyakan kalkulator online yang ada. Ada 3 jenis kalkultor yang disediakan. Ada basic, ada scientific, dan ada grafis.

Calcpad For Desktop

Untuk bagian ini, sama dengan Online IDE, tapi kita menginstallnya ke komputer desktop kita. Dan untuk versi Desktop ini, fiturnya sedikit lebih beda dibandingkan dengan versi online, misalnya di versi Desktop ada fitur ekspor ke PDF. Fitur PDF ini tentu sangat berguna ketika kita ingin langsung mencetak laporan perhitungannya.

calcpad

Jadi, buat teman-teman yang ingin menggunakan Calcpad ini, silahkan langsung mengunjungi situsnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *