Skip to content

About

Post date:
Author:
Number of comments: 34 comments

Selamat datang di duniatekniksipil, sebuah dunia yang membahas obrolan ringan seputar teknik sipil khususnya bidang struktur beserta obrolan-obrolan lain yang menunjang bidang keilmuan sipil-struktur tersebut.

Ringan dan menarik, itu yang berusaha kami berikan di dunia ini. Ringan dengan harapan mudah dipahami dan dimengerti, khususnya bagi penggelut dunia teknik sipil. Menarik dengan harapan pembaca tidak akan bosan untuk berkunjung ke dunia ini.

Teringat kata pepatah, “harta akan habis jika diberikan ke orang lain, sebaliknya ilmu justru akan menancap semakin dalam jika dibagikan kepada orang lain”. Atas dasar itulah kami berinisiatif untuk menancapkan ilmu yang sudah kami peroleh lebih dalam lagi. Kami bukan ilmuwan, kami bukan seorang ahli struktur, kami bukan seorang pendidik maupun pengajar, kami bukan gudang ilmu, kami bukan dewa pengetahuan. Justru kami masih sedang belajar. Belajar untuk mencari tau. Belajar untuk berbagi. Belajar untuk belajar.

Wassalam,
$latex \text{Iwal Islamuddin} $
juragan@blog.dtsengineering.co.id

Comments

  • Salam kenal Bapak-bapak dan rekan semua. Walaupun saya bukan dari teknik sipil, tapi mau ikut belajar teknil sipil. mohon permit….

  • Salam kenal bro 🙂

    Numpang ikut gabung k grup ini ni 🙂

    Apakah ada pembahasan tentang Tekla dalam forum ini?
    Kebetulan setiap hari saya bekerja dengan menggunakan media gambar Tekla
    Mungkin aja dari teman – teman ada yang punya ilmu baru, jadi kita bisa saling share..

    Thnx

  • says:

    Saya pingin belajar banyak tentang teknik sipil,
    ikut gabung ya akang!.. terimakasih

  • says:

    mas gan…bis gak download gratis full versi program geo 05 dan master beam disini?…bantuin dong…udah capek carinya ne….tks b4..

  • says:

    URGENTLY REQUIRED
    We, Foreign Construction Company, looking for qualified candidates to fulfill several positions:
    1. High Senior Civil Engineer
    2. Senior Civil Engineer
    3. Manager Civil Engineer
    4. Supervisor Civil Engineer
    Qualification:
    1. S1/D3 Civil
    2. Minimum 5-10 years experiences on Plant construction project in reputable firms (1,2)
    3. Minimum 2-4 years experiences on Plant construction project in reputable firms (3,4)
    4. English literature and familiar with computer
    5. Have capacity to bridge the gap between technical functionality and purchasing efficiency
    6. Available to operate AutoCAD, make Drawing and Mold Design
    Submit your CV to: wijistrategic@yahoo.com (email)/ 021-515-1062 (Fax)/ Indonesia Stock Exchange Tower 2, 25th Floor, Suite 2501A Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53 Jakarta 12190 (Mail)

    Notes:
    Job Location : Jakarta/Cilegon
    Sent your CV Withing August 2010

  • mas gan,,saya minta tolong skaali,, kalo seumpama sa mo bikin 1m3 campuran beton nih,,trus dapatnya,,ini seumpamanya,, 300 liter semen 300 liter pasir 400 liter kerikil. trus mo bikin 1 m3 tapi ditambahkan serat besi seumpamanya 0,5% dari volume beton, jadinya kan 5 liter serat besi. apakah komposisi campuran menjadi berbeda atau tetap setelah ditambah serat?? menurut juragan bagaimana??

  • @andriadi, untuk pelaksanaan pengerjaan Quay Wall kebetulan kami sendiri masih minim pengalaman baca: nihil). Kami berharap suatu saat nanti bisa “merasakan” pengalaman tersebut. Jadi, pak Andriadi setidaknya lebih tau kondisi lapangan seperti apa. 🙂 Tapi untuk pemasangan rebar di atas ketinggian untuk proyek gedung memang setau kami tidak pernah dilakukan dengan cara mengangkat besi (posisi berdiri). Yang dilakukan adalah besi diangkat (dalam posisi tidur dan jumlah yang banyak, dan sudah terikat dengan baik) ke elevasi tertentu, kemudian besi tersebut didirikan (dipasang) secara manual oleh pekerja. Tentunya metode ini agak susah diterapkan di Quay Wall karena bisa memakan waktu yang lama untuk membuat platform sementara (tempat meletakkan besi-besi tulangan) di elevasi tertentu yang diinginkan.[]
    Mohon dikoreksi

  • Mau tanya pak juragan, sebenarnya saya bukan punya background di teknik sipil, tapi saya bekerja di konstruksi sipil di departement Safety,
    di project yang kami tangani adalalah pembuatan dermaga (Quay wall) dengan panjang kira2 1,2 KM. kita punya masalah tentang kekelamatan kerja yaitu ketika pemasangan rebar diatas diketinggian, potensi bahayanya adalah jatuh dan tertusuk besi, mungkin bapak punya metode yang jitu dan aman untuk pemasangan rebar tsb.
    maksih juragan

    Regards

    Andriadi

  • halo Juragan,
    Mohon pencerahan tentang desain baja plastis dan elastis dong…
    Terima kasih sebelumnya

  • halaman website ini merupakan halaman favorit ke 2 saya stelah facebook,hehehe,saya suka dengan penjelasan2juragan mengenai pemecahan masalah2 dibidang teknik sipil yang mungkin bisa dicerna bagi saya yang baru aja lulus,klo bisa tambah lagi materi2nya biar orang2seperti saya yg baru lulus bisa menjadi engineer yg kelulusannya bisa dipertanggungjawabkan, semoga Allah membalas amal juragan . . aminnnn

  • says:

    Gan,.. mau tanya
    Kalo menurut peraturan, beban hidup bisa di reduksi 0,7 atau 0,3 pada perhitungan gaya geser gempa.
    Pertanyaan saya, bagaimana cara mereduksi beban hdup tersebut pada program Etabs..
    Terima Kasih

    • Reduksi beban hidup ada macam-macam.

      1. Reduksi waktu menghitung berat total Wt, untuk menentukan gaya geser dasar (base shear), sesuai persamaan
      $$ V = \dfrac{CI}{R} W_t $$
      Wt adalah berat sendiri bangunan + 100% beban mati + beban hidup direduksi. Besarnya reduksi berbeda-beda tergantung jenis bangunan, contoh untuk kantor faktor reduksinya adalah 0.3. Silahkan lihat tabel tentang Koef Reduksi Beban Hidup pada PPPURG 1987 (Peraturan Pembebanan).

      2. Reduksi tingkat. Khusus untuk menghitung kolom atau dinding yang memikul beban gravitasi. Tentang ini pernah dibahas di sini.

      3. Reduksi sewaktu menghitung balok induk dan portal. Sesuai PPPURG 1987, beban hidup yang bekerja pada balok induk atau portal boleh direduksi. Pengalaman kami, untuk desain bangunan baru, reduksi ini sangat jarang digunakan. Tapi untuk pengecekan bangunan lama (eksisting), reduksi ini boleh dipertimbangkan.

      4. Reduksi kombinasi pembebanan. Di SNI Baja dan SNI Beton, pada kombinasi pembebanan antara beban mati, beban hidup, dan beban lateral (angin atau gempa), beban hidup boleh direduksi menjadi 0.5 kecuali untuk garasi, ruang pertemuan, dan ruangan yang beban hidupnya lebih dari 5 kPa (500 kg/m2).

      Mohon dikoreksi jika ada kekeliruan.[]

  • says:

    mas saya mau nanya kalau cara menghitung lendutan pada balok kolom itu (kontruksi gebe) bagamana, sebelumnya terimakasih banyak.

  • Assalam mualaikum,

    Alhamdulillah akhirnya saya menemukan guru yang baik & rendah hati.bang, saya ingin bergabung di web ini apakah bang iwal bersedia memberikan ilmunya kepada saya.mohon balasannya.trims n semoga ilmu bang iwal bermanfaat dan mendapat ridho Allah SWT. Amiiinn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *