Skip to content
Categories:

Kuis Beton Bertulang

Post date:
Author:
Tags:
Number of comments: no comments
logo kuis

Kali ini kita coba iseng bikin kuis dengan tema beton bertulang. Kuis beton bertulang ini pertanyaannya ngga susah-susah amat kok, tapi jawabannya mungkin iya. 😆

Results

Keren 👍

Semoga lain kali bisa lebih baik. 😉

#1. Dalam perencanaan penampang balok beton bertulang, apa tujuan utama dari penambahan tulangan tarik tambahan di daerah tumpuan balok?

Tulangan tarik tambahan pada balok di daerah tumpuan, biasanya dipasang di sisi atas, dan berfungsi untuk meningkatkan kapasitas lentur akibat momen negatif di tumpuan.

#2. Berapa nilai minimum kuat tekan beton (f'c) yang diizinkan untuk struktur beton bertulang menurut SNI 2847:2019?

#3. Pada slab beton bertulang, apa fungsi utama dari tulangan baja yang ditempatkan di bagian bawah slab satu arah?

Tulangan bawah pada pelat satu arah, berfungsi untuk menahan momen lentur positif khususnya di tengah bentang.

#4. Dalam desain pondasi beton bertulang, apa yang menjadi TUJUAN UTAMA dari penggunaan pondasi tiang (pile foundation) dibandingkan dengan pondasi telapak (spread footing)?

Pondasi dalam digunakan ketika pondasi dangkal sudah tidak mampu menahan beban yang bekerja terutama di lapisan tanah bagian atas. Lapisan bawah biasanya mempunyai daya dukung lebih baik, sehingga untuk menyebarkan beban dari struktur atas ke tanah, pondasi perlu dibuat lebih dalam dengan menggunakan pondasi dalam atau tiang (pile)

#5. Pada kolom beton bertulang, apa yang dimaksud dengan istilah "slenderness ratio" (rasio kelangsingan)?

Rasio kelangsingan kolom biasanya dirumuskan sebagai k*L/r, dimana L menunjukkan tinggi kolom dan r adalah salah satu parameter dimensi penampang yaitu jari-jari girasi.

#6. Dalam sistem struktur beton bertulang, apa fungsi utama dari balok induk (girder) dalam sebuah rangkaian lantai?

Balok induk adalah balok yang menopang satu atau lebih sistem balok anak, atau joist, dan slab itu sendiri.
Balok induk selalu bertumpu ke kolom struktur, sehingga fungsi utama balok induk adalah menyalurkan beban dari balok anak, joist, dan slab, menuju ke kolom struktur.

#7. Pada perencanaan struktur beton bertulang, berapa persen maksimum faktor reduksi kekuatan (φ) yang diizinkan menurut SNI 2847:2019 untuk perhitungan momen lentur pada penampang balok?

Finish

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *